Turikale, Marosnews.com – Bupati Maros AS Chaidir Syam, melantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Maros Periode 2021 – 2026, di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Jumat (9/4/2021).

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah pengurus dan penyerahan pataka Karang Taruna oleh Bupati Maros yang disaksikan oleh Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari dan Ketua Karang Taruna Sulsel, Farouk M Beta.

Baca juga : Ketua Karang Taruna Maros Terpilih Aklamasi, Farouk M Betta : Itu Baik

Dalam pelantikan itu, Chaidir Syam berharap program kerja Karang Taruna bersinergi dengan program Pemkab Maros dalam bidang sosial.

“Karang Taruna adalah organisasi sosial yang merupakan mitra pemerintah daerah, kita berharap program Karang Taruna sejalan dengan program Pemkab Maros, terutama dalam penanganan masalah sosial,” ujarnya.

Chaidir Syam yang pernah menjabat Ketua Majelis Pembina Karang Taruna (MPKT) Maros ini juga menyampaikan apresiasi atas peran Karang Taruna Maros dalam penanggulangan bencana.

Baca juga : Suhartina Bohari Minta Semangat Belajar Anak Dipupuk Kembali

Selain itu mantan Ketua DPRD Maros ini, juga menyampaikan bahwa Karang Taruna diharap mengambil peran dalam pemberdayaan perempuan dan pencegahan stunting yang bisa bermitra dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Maros.

“Saya juga berharap Karang Taruna yang memiliki struktur kepengurusan hingga ke Desa dan Kelurahan dapat bermitra dengan PKK dalam pencegahan stunting, pembinaan perempuan melalui pelatihan keterampilan, termasuk pengembangan UMKM,” ujarnya.

Baca juga : Terpilih Aklamasi, Hati Berjanji Akan Bangkitkan Gerakan Pramuka di Maros

Chaidir juga meminta kader dan pengurus Karang Taruna di Desa berperan dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat, termasuk pengembangan pariwisata desa.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Maros, Muhammad Agus BJ, menyampaikan terimakasih atas dukungan Bupati Maros.

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Maros.  peran Karang Taruna menjadi bagian dari penanganan masalah sosial di Maros. Selama ini Karang Taruna sebagai mitra strategis Dinas Sosial sebagai instansi pembina teknis,” jelasnya.

Baca juga : Kongres XVI HPPMI Maros, Ajang Penyatuan Persepsi Pasca Pilkada

Untuk diketahui, di antara pengurus yang dilantik, yakni ketua Muhammad Agus BJ, sekretaris Zulkifli HM, bendahara Sitti Salmiati dan puluhan pengurus lainnya. Juga jajaran MPKT, yakni ketua Marjan Massere, sekretaris Lory Hendrajaya dan lainnya.

Kegiatan pelantikan ini juga dirangkaikan dengan orientasi pengurus dan rapat kerja. (Ilo)